RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMAN 3 NGANJUK
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Sejarah dan teknik bermain bola
volly
Waktu : 2 x 15 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah dan teknik
permainan salah satu olahraga dan nilai-nilai yang tekandung di dalamnya
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Mendeskripsikan
sejarah dan teknik permainan salah satu olahraga serta nilai rasa ingin tahu, mandiri, bekerja keras, teliti
disiplin, kreatif, bertanggung jawab.
C. Indikator
1.1.1
Menceritakan
sejarah bola voly
1.1.2
Memahami
teknik dan cara bermain bola voly dengan baik dan benar
1.1.3
Menyusun
daftar sarana dan prasarana dalam olahraga bola voly
D. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa agar
mengetahui sejarah bola voly
o
Siwa agar
dapat mengetahui teknik dan cara bermain bola volly dengan baik dan benar
o
Siswa dapat
mengetahui sarana dan prasarana dalam permainan bola volly
&
Karakter
siswa yang diharapkan : rasa
ingin tahu, mandiri, bekerja keras, teliti disiplin, kreatif, bertanggung
jawab.
E. Materi Essensial
Teknik dasar passing bawah, passing atas,dan servis
F. Metode
pembelajaran :
o
Ceramah.
o
Diskusi
o
Kerja
kelompok
o
Kerja
individu
G. Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterlaksana-an
|
Nilai karakter
|
1
|
Kegiatan awal
|
|||
Apersepsi
-
Guru mengkondisikan kelas mulai dari ruang kelas
sampai dengan presensi.
-
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dan
mengajak siswa berdoa.
-
Guru mengajak siswa untuk mempelajari sejarah
bola volly
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajar yang ingin di
capai.
-
Guru mengaitkan pelajaran dengan materi terdahulu
yang masih berkaitan
|
5 menit
5 menit
|
Telaksana/
Tidak
Telaksana/
Tidak
|
- Rasa ingin
tahu
- Rasa ingin
tahu
|
|
2.
|
Kegiatan inti
|
|||
Eksplorasi :
-
Guru menggali potensi siswa dengan cara menunjuk
salah satu siswa atau beberapa siswa untuk mempraktikan passing bawah dan atas serta
servis tanpa bola
Elaborasi
-
Guru menjelaskan tentang sejarah bola voly dan
teknik bola voly
-
Salah satu Siswa di ajak untuk mempraktikan
teknik-teknik passing bawah dan atas
-
Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok masing -
masing kelompok untuk mendiskusikan tentang sarana prasaran apa sajakah yang
di perlukan dalm permainan bola voly
-
Ketua kelompok melaporkan hasil diskusi dan guru
mengevaluasi
-
Guru menanyakan teknik passing bawah yang benar
dan sarana dan prasarana bola voly
-
Murid melaporkan dan guru membibing
-
Guru membuat kesimpulan dengan cara membuat
ringkasan materi
-
Siswa menerima Lembar kerja individu (terlampir)
-
Siswa mengerjakan Lembar Kerja Individu
Konfismasi :
-
Guru memberi konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi siswa
|
10 menit
35 menit
5 menit
|
Terlaksana/
Tidak
Terlaksana/
Tidak
Terlaksana/
Tidak
|
- Mandiri
- Mandiri
- Kerja keras
- Teliti
- Disiplin
- Tanggung
jawab
- Kreatif
|
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
|||
Refleksi :
-
Siswa mengumpulkan lembar kerja individu.
-
Tanya jawab tentang materi yang baru di pelajari
sebagai penguatan
-
Guru memberi tugas kepada siswa
-
Guru memberi tips cara cepat untuk memahami
pelajaran yang telah dibahas
-
Pelajaran di tutup dengan bacaan alhamdulillah
dan salam
|
10 menit
|
Terlaksana/
Tidak
|
- Tanggung
jawab
|
H. Sumber / Alat / Media
Belajar :
- Buku penjaskes X
- Ensiklopedia
- Media Eletronik (Internet)
I.
PENILAIAN
o
Jenis Test : Tertulis dan Diskusi
o
Bentuk Test : Subyektif dan Obyektif
o
Alat
Penilaian : -
Soal Tertulis
- Kunci Jawaban
- Skor Penilaian
o
Prosedur
Penilaian : Penilaian Proses (Pengamatan selama pembelajaran
berlangsung)
o
Bentuk
Instrumen : -
Lembar Kerja Individu
- Lembar Kerja Kelompok
J.
LAMPIRAN – LAMPIRAN
o
Ringkasan
Materi
o
Lembar
Penilaian
Mengetahui
Supervesor
Hj.
LILIK SUTIANI, S.Pd
NIP. 19570801
197702 2 011
|
Nganjuk, 09 November 2011
Praktikan
SUMINTEN
NIM. 814 343 031
|
LAMPIRAN VI
Lembar
Penilaian Proses
RUBLIK
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Keterangan
|
||||||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Pemahaman
|
|||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bobot
Penilaian :
Baik (B) = 85
– 100
Cukup (C) = 65
– 84
Kurang (K) = 45 – 64
Penilaian
Proses
Nilai Keaktifan + Nilai Kerja sama + Nilai
Pemahaman
3
Penilaian Evaluasi
Tugas Kelompok :
Skor setiap soal bernilai 50, jika benar semua bernialai
5
x 50 = 100 (kurang tepat sesuai kebijakan guru)
Tugas mandiri :
I. Skor setiap soal pilihan ganda bernilai 1, jika
benar semua
bernilai 1 x 5 = 5
II. Skor
setiap soal subjektif bernilai 2, jika benar
Semua
bernilai 2 x 10 = 20
Skor
akhir (5 + 20) x 100 % = 100
25
Hasil
Akhir Nilai Siswa
Nilai Proses + Tugas Kelompok + Nilai Mandiri
3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar