Selasa, 29 Mei 2012

RPP kelas penjaskes bola voly


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SMAN 3 NGANJUK
Mata Pelajaran            :   PENJASKES
Kelas/Semester            :   X/ 1
Materi Pokok               :   Sejarah dan teknik bermain bola volly
Waktu                          :   2 x 15 menit

A.    Standar Kompetensi       :
1.        Memahami sejarah dan teknik permainan salah satu olahraga dan nilai-nilai yang tekandung di dalamnya

B.     Kompetensi Dasar
1.1.               Mendeskripsikan sejarah dan teknik permainan salah satu olahraga serta nilai   rasa ingin tahu, mandiri, bekerja keras, teliti disiplin, kreatif, bertanggung jawab.

C.      Indikator
1.1.1        Menceritakan sejarah bola voly
1.1.2        Memahami teknik dan cara bermain bola voly dengan baik dan benar
1.1.3        Menyusun daftar sarana dan prasarana dalam olahraga bola voly
D.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa agar mengetahui sejarah bola voly
o   Siwa agar dapat mengetahui teknik dan cara bermain bola volly dengan baik dan benar
o   Siswa dapat mengetahui sarana dan prasarana dalam permainan bola volly

& Karakter siswa yang diharapkan : rasa ingin tahu, mandiri, bekerja keras, teliti disiplin, kreatif, bertanggung jawab.
E.     Materi Essensial
Teknik dasar passing bawah, passing atas,dan  servis

F.     Metode pembelajaran :
o   Ceramah.
o   Diskusi
o   Kerja kelompok
o   Kerja individu

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

No
Kegiatan
Waktu
Keterlaksana-an
Nilai karakter
1
Kegiatan awal




Apersepsi
-            Guru mengkondisikan kelas mulai dari ruang kelas sampai dengan presensi.
-            Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dan mengajak siswa berdoa.
-            Guru mengajak siswa untuk mempelajari sejarah bola volly
Motivasi
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajar yang ingin di capai.
-            Guru mengaitkan pelajaran dengan materi terdahulu yang masih berkaitan
5 menit









5 menit
Telaksana/
Tidak








Telaksana/
Tidak
-   Rasa ingin tahu








-   Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan inti




Eksplorasi :
-            Guru menggali potensi siswa dengan cara menunjuk salah satu siswa atau beberapa siswa untuk  mempraktikan passing bawah dan atas serta servis tanpa bola
Elaborasi
-            Guru menjelaskan tentang sejarah bola voly dan teknik bola voly
-            Salah satu Siswa di ajak untuk mempraktikan teknik-teknik passing bawah dan atas
-            Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok masing - masing kelompok untuk mendiskusikan tentang sarana prasaran apa sajakah yang di perlukan dalm permainan bola voly
-            Ketua kelompok melaporkan hasil diskusi dan guru mengevaluasi
-            Guru menanyakan teknik passing bawah yang benar dan sarana dan prasarana bola voly
-            Murid melaporkan dan guru membibing
-            Guru membuat kesimpulan dengan cara membuat ringkasan materi
-            Siswa menerima Lembar kerja individu (terlampir)
-            Siswa mengerjakan Lembar Kerja Individu
Konfismasi :
-            Guru memberi konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa

10 menit













35 menit





































5 menit
Terlaksana/
Tidak













Terlaksana/
Tidak





































Terlaksana/
Tidak
-   Mandiri














-   Mandiri
-   Kerja keras
-   Teliti
-   Disiplin
-   Tanggung jawab
































-   Kreatif

3
Kegiatan Penutup




Refleksi :
-            Siswa mengumpulkan lembar kerja individu.
-            Tanya jawab tentang materi yang baru di pelajari sebagai penguatan
-            Guru memberi tugas kepada siswa
-            Guru memberi tips cara cepat untuk memahami pelajaran yang telah dibahas
-            Pelajaran di tutup dengan bacaan alhamdulillah dan salam
10 menit
Terlaksana/
Tidak
-   Tanggung jawab



H.    Sumber / Alat / Media Belajar :
  • Buku penjaskes X
  • Ensiklopedia
  • Media Eletronik (Internet)
I.         PENILAIAN
o   Jenis Test                                :    Tertulis dan Diskusi
o   Bentuk Test                            :    Subyektif dan Obyektif
o   Alat Penilaian                         :    -  Soal Tertulis
                                                                -  Kunci Jawaban
                                                                -  Skor Penilaian
o   Prosedur Penilaian                  :    Penilaian Proses (Pengamatan selama                                 pembelajaran berlangsung)
o   Bentuk Instrumen                  :    -  Lembar Kerja Individu
                                                         -  Lembar Kerja Kelompok
J.        LAMPIRAN – LAMPIRAN
o   Ringkasan Materi
o   Lembar Penilaian

Mengetahui
Supervesor



Hj. LILIK SUTIANI, S.Pd
NIP. 19570801 197702 2 011
Nganjuk, 09 November 2011

Praktikan



SUMINTEN
NIM. 814 343 031

LAMPIRAN  VI
Lembar Penilaian Proses
RUBLIK PENILAIAN
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Keterangan
Keaktifan
Kerjasama
Pemahaman
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1











2











3











4











5











6











7











8











9











10











11











12











13











14











15











16











17











18











Bobot Penilaian  :
Baik (B)                =          85 – 100
Cukup (C)             =          65 – 84
Kurang (K)            =          45 – 64

Penilaian Proses
Nilai Keaktifan + Nilai Kerja sama + Nilai Pemahaman
                                  3
Penilaian Evaluasi
Tugas Kelompok       : Skor setiap soal bernilai 50, jika benar semua bernialai
                                          5 x 50 = 100 (kurang tepat sesuai kebijakan guru)
Tugas mandiri            : I.  Skor setiap soal pilihan ganda bernilai 1, jika benar                                        semua bernilai 1 x 5 = 5
                                    II. Skor setiap soal subjektif bernilai 2, jika benar
                                          Semua bernilai 2 x 10 = 20
                                          Skor akhir   (5 + 20) x 100 % = 100
                                                                       25
Hasil Akhir Nilai Siswa

Nilai Proses + Tugas Kelompok + Nilai Mandiri
                                  3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar